Sunday 21 December 2014

Memanfaatkan Android Sebagai Hotspot

menggunakan android untuk hotspot
Cara2Droid - Gadget Android menjadi semakin populer dimasyarakat. Semakin hari semakin banyak orang yang memiliki. Tentu anda dan keluarga sudah memiliki ponsel pintar ini bukan? Tapi, apakah anda tau Android yang anda miliki dapat dimanfaatkan untuk sharing internet dengan seluruh anggota keluarga bahkan orang disekitar. Android Froyo 2.2 merupakan generasi pertama yang memiliki fitur Hotspot Wi-Fi Portabel dan dilanjutkan oleh versi-versi diatasnya. Dimana fasilitas tersebut memudahkan dalam membagi internet kepada gadget-gadget lain yang berada di dekat lokasi anda.

Denga adanya fitur Hotspot, perangkat seperti laptop, komputer ataupun smartphone Android dapat terhubung ke internet melalui ponsel Android anda sebagai titik aksesnya. Untuk Memanfaatkan Android Sebagai Hotspot perhatikan tutorial dibawah ini.
  1. Mulailah dengan masuk ke Pengaturan, pilih opsi Nirkabel dan jaringan. Dan pilihlah Tethering & hotspot portabel. Selanjutnya anda tap pada Konfigurasi hotspot Wi-Fi.
  2. Isilah konfigurasinya. Untuk SSID jaringan otomatis sudah terisi atau bisa isi terserah anda. Keamanan pilih WPA PSK / WPA2 PSK tipe ini menggunakan sandi, atau bisa pilih yang tanpa sandi. Biar tidak diakses sembarang orang, pilih yang menggunakan sandi saja, terus isi sandinya minimal 8 karakter. Tap Simpan untuk menyimpan konfigurasi anda.
  3. Setelah menyimpan konfigurasi anda akan masuk ke opsi Tethering & hotspot portabel. Ceklis atau tap Hotspot Wi-Fi portabel untuk menghidupkan Hotspot pada Android anda dan tap kembali untuk mematikan.
Saat fitur hotspot diaktifkan maka perangkat lain akan membaca adanya jaringan wifi. Untuk bisa tersambung maka tap pada jaringan tersebut. jika tidak ada password akan langsung terhubung dan bisa digunakan untuk internet tapi jika ada passwordnya, anda harus menulis password sesuai dengan setingan di hotspot androidnya.

Demikianlah sedikit tutorial dari Cara2Droid mudah-mudahan bisa memberi pengetahuan dan manfaat bagi anda. Cara ini dilakukan di ponsel Android ICS 4.0.4 milik saya.

No comments:

Post a Comment